Selasa, 30 September 2014

Hukum menghias kuburan

ssalam'mualaikum wr.wb.

        di sini kita kembali lagi di pembahasan hukum menghias kuburan. tentu akhwat dan ikhwan sudah sering melihat bukan atau sering ziarah ke kuburan orang tua kalian atau wali wali dan presiden ataupun pejbat besar di indonesia.kalao belum ziarah sama sekali mah keterlaluan bukan hahahh...saat zarah ke makam orang orang di atas apakah tabi'in, tabi'ut dan tabi'un melihata ada perbedaan pada makam tersebut. tentujelas bukan apalagi makam presiden pasti beda banget kan, terdapat hiasan yang indah, dilapisi dari batu marmer atau lebih dan di buatkan kubah dan sedemikian rupa.dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit pula.bisa dibayangkan uang yang keluar hhuhuh.luar biasa..apakah dalam islam itu semua di perbolehkan ? tentu saja tidak dalam Islam . kenapa karna dikuatirkan akan membuka pintu syirik dan ternya apa yang di kuatirkan tersebut terbukti bukan.
dan larangan tersebut di landasi hadist yang di riwayatkan oleh imam muslim. :

صحيح مسلم ١٦١٠: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ
و حَدَّثَنِي هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِهِ

shahih muslim.: dari ibnu juraij dari abu jubairdari jabir ia berkata:" Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. melarang mengapur kuburan, duduk ,dan membuat bangunan di atasnya "


dan telah di haramkan oleh syara menghias, membuat batas, meninggikan tanah di atas kubur, memayungkan mendirikan kubbah menulis apapun kuburan dan mengcat kuburan berdasarkan hujjah syara dan fatwa imam as syafi'i rahimahullah: dari abdullah bin hasan berkata : " aku lihat uthman bin affan anhu memerintahkan agar di ratakan kubur " .

maka katakan kepadanya ini kubur ummu amr binti uthman. maka beliau menyuruh agar di ratakan ( tanah di atas kuburan tersebut ). 9 diriwayatkan oleh ibn abi syaibah (المصنف) 4/138. abu zarah dalam (تاريخه) 2/66, 2/121. sanadnya shaih dari abdullah dan telah di waritkan oleh ibn abi hatim dalam (الجرح والتعديل) 3/81-82.).

dari abi al-hayyah al-asadi berkata kepadaku ali bin abi thalib tidakkah aku mengutus engkau atas apa yang telah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.mengutusku? janganlah di biarkan satupun berhala kecuali engkau menghancurkan dan tidak dibiarkan sebuah kuburan pun kecuali engkau meratakanya.( H.R Muslim 3/61. abu daud 3/70. an=nasaii 1/285 at-turmizi 2/153. al-bahaiqi 4/3. at-tayalasi 1/168 dan ahmad ( 741. 154 ).

kesimpulannya adalah menghias kuburan dengan menggunakan marmer dan yang lainya adalah haram. karna amat berlawanan dengan ajaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. juga karna terdapat pembaziran harta yang tegah syarak serta terdapat sifat bermegahan dan menunjuk mata yang  di murkai allah swt.
sekian dulu pembahasan kali ini semoga dapat berjumpa kembali di pertemuan berikutnya.
terima kasih atas perhatiannya Wassalam..