Senin, 29 September 2014

tata cara berpakain pria

assalam'mualaikum wr.wb.

        di sini kita kembali lagi di pembahasan cara berpakain sekarang antum ingin menjelaskan tata cara berpakaian yang baik untuk seorang pria. sebagai mana wanita kaum pria pun di wajibkan untuk berhias. tujuan dan fungsinya sama seperti wanita yaitu untuk menutupi aurat.
Allah swt berfirman :

يا ابن آدم، لا تدع لك ينخدع الشيطان كما انه قد صدر الأم الثانية والدك من السماء، تم تجريده من ملابسه سواء لإظهار كل من "أجزاء خاصة. هو وقبيلته يراك من حيث لا يمكنك رؤيتها. حققنا قادة الشياطين للناس الذين لا يؤمنون

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya.  Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.9 ( Q.S Al-ar'af [7] 26 ).

A. tata cara berpakain pria adalah sebagai berikut :

1. sebelum berpakaian hendaklah di niatkan ibadah dan hanya mengharap keridaan allah swt. kemudian berdoa
2. berpakain wajib menutupi aurat yaitu di antaranya dari pusar sampai lutut. kebiasaan dan kebudayaan setiap daerah berbeda-beda hal tersebut di bolehkan asal menutupi aurat.
3. pakailah busana dengan memasukan bagian kanan terlebih dahulu
4. hendaklah di perhatikan unsur keindahan, tidak ketat dan tidak tipis
5. apabila hendak ke masjid untuk ibadah hendaklah memakai pakaian yang baik dan indah serta bersih dan suci

sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat. dan semoga bisa bertemu lagi di pembahasan berikutnya. sekian dan terima kasih.: